Minggu, 23 Oktober 2011

Online Analytical Processing (OLAP) adalah suatu metode khusus untuk melakukan analisis terhadap data yang terdapat di dalam media penyimpanan data (database) dan kemudian membuat laporannya sesuai dengan permintaan user

OLAP digunakan untuk memproses dan menampilkannya dalam bentuk multidimensi. Salah satu cara paling umum yang digunakan dalam menyimpan data pada OLAP adalah dalam basis data multidimensional.
Perbedaan antara basis data relasional dan basis data multidimensional adalah pada basis data relasional, informasi disimpan dalam sejumlah baris dalam tabel, sedangkan basis data multidimensional menyimpan informasi dalam sejumlah array multidimensional.
Informasi yang disimpan dalam sejumlah array multidimensional tersebut, membuat  multidimensional OLAP dapat dengan cepat dan mudah diakses.

                                              
Dalam pergudangan data, sebuah tabel fakta terdiri dari, metrik pengukuran atau fakta dari proses bisnis. Hal ini sering terletak di pusat dari STAR Schema atau Snow Fake Schema yang dikelilingi oleh tabel dimensi.
FACT table biasanya memiliki dua jenis kolom: kolom yang mengandung angka (sering disebut pengukuran), dan yang merupakan kunci asing tabel dimensi. Sebuah tabel fakta mengandung tingkat detail-fakta maupun fakta yang telah dikumpulkan.

Tabel dimensi berisi atribut yang menggambarkan catatan fakta dalam FACT table. Beberapa atribut memberikan informasi deskriptif; sehingga dapat digunakan untuk menentukan bagaimana  data dalam FACT table harus diringkas untuk memberikan informasi yang berguna untuk analis. Tabel dimensi berisi hierarki atribut yang membantu dalam summarization. Sebagai contoh, sebuah dimensi yang berisi informasi produk seringkali akan berisi hirarki yang memisahkan produk ke dalam kategori seperti makanan, minuman, dan barang-barang nonconsumable, dengan masing-masing kategori dibagi lagi beberapa kali sampai produk individual SKU dicapai pada tingkat terendah.

STAR Schema

merupakan skema data warehouse yang paling sederhana. Disebut star-schema karena diagram relasional entitas menyerupai bintang, terdapat titik dari central table. FACT table merupakan titik pusat dan dikelilingi oleh tabel-tabel dimensi.

Keuntungan utama dari STAR Schema yakni :
  • Menyediakan pemetaan langsung dan intuitif antara entitas bisnis yang sedang dianalisa oleh pengguna akhir dan desain skema
  • Memberikan kinerja yang sangat dioptimalkan untuk star query    
 Contoh star schema



   

Snow-Flake Schema 

merupakan schema data warehouse yang kompleks dibanding star schema. Schema ini menormalkan dimensi untuk menghilangkan redundansi. Artinya, dimensi data yang telah dikelompokkan menjadi beberapa tabel. Misalnya, dimensi lokasi tabel dalam star schema  dinormalisasi ke tabel lokasi dan tabel kota dalam suatu snow-flake schema.

Contoh Snow-Flake Schema



Tidak ada komentar:

Posting Komentar